Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua, Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 4 Lubuk Alung

Main Author: Lola, Sarnika Nuri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6157/2/14090234%20LOLA%20SARNIKA%20NURI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6157/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6157/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6157/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6157/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa SMPN 4 Lubuk Alung, 2) pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa SMPN 4 Lubuk Alung,3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMPN 4 Lubuk Alung,4) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa SMPN 4 Lubuk Alung,4) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa SMPN 4 Lubuk Alung, 5) pengaruh tingkat pendapatan orang tua, pendidikan orang tua, motivasi belajar, fasilitas belajar dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SMPN 4 Lubuk Alung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVII SMP N 4 LubukA lung dan sampelberjumlah111siswadenganteknik pengambilan Proporsional Random Sampling.Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dana nalisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviewsversi 6.Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Pertama pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP N 4 LubukAlung, ditunjukkanolehnilaikoefisien regresi sebesar 6,403. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 8,132> ttabel sebesar 1,98 dengan nilai signifikan 0,000 ˂ α = 0,05. Keduatingkat pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP N 4 Lubuk Alung, ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,518.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,001> ttabe lsebesar 1,98 dengan nilai signifikan 0,000 ˂ α = 0,05. Ketiga motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belaja siswa SMP N 4 Lubuk Alung, ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,343.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,215>ttabel sebesar 1,98 dengan nilai signifikan 0,000 ˂ α = 0,05. Keempat fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP N 4 Lubuk Alung, ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,255.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar3,351>ttabe lsebesar 1,98 dengan nilai signifikan 0,001 ˂ α = 0,05.Kelimakompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP N 4 Lubuk Alung, ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,247.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitungsebesar2,445>ttabelsebesar 1,98 dengan nilai signifikan 0,016 ˂ α = 0,05.Keenam tingkat pendapatan orang tua, pendidikan orang tua, motivasi belajar, fasilitas belajar dan kompetensi profesional guru berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SMP N 4 Lubuk Alung.Dimana diperoleh nilai Fhitung88,388>Ftabel2,30. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, 1) diharapkan kepada orang tua agar lebih mengatur pendapatan untuk kepentingan sekolah anak sehingga perlu diupayakan untuk orang tua mencari tambahan penghasilan agar segala kebutuhan pendidikan anak tercukupi yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar. 2) diharapkan kepada orang tua hendaknya selalu memberikan dorongan terhadap anak untuk belajar dengan baik dan memberikan pengertian akan pentingnya pendidikan agar anak dapat bersungguh-sungguh dalam belajar. 3) diharapkan kepada siswa agar lebih semangat selama mengikuti proses pembelajaran, jangan mudah terpengaruh terhadap orang lain. 4) diharapkan kepada orang tua agar lebih memperhatikan fasilitas belajar anak karena fasilitas yang lengkap akan membantu atau menunjang pencapaian hasil belajar. 5) diharapkankepada guru agar dapat memberikan pemahaman wawasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik serta harus mampu mengembangkan potensi peserta didik agar profesionalisme guru tetap terjaga.