Pengaruh PolaAsuh Orang Tua, Penggunaan Internet, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar, dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Indah, Cahyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6156/4/14090235%20INDAH%20CAHYANI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6156/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6156/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6156/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6156/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. 4) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar. 5) pola asuh orang tua, penggunaan internet, lingkungan sekolah, disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah semua siswakelas VII di SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 317siswa. Sampel berjumlah 88 siswa dengan teknik pengambilan sampel berupa stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,499. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,713> ttabel sebesar 1,9889. (2) penggunaan internet berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar0,378. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,658> ttabel sebesar 11,9889.(3) lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,403. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,693> ttabel sebesar 1,19889.(4) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,228. Nilai koefisienregresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,135> ttabel sebesar 1,9889. (5) konsep diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belaja rsiswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,220. Nilai koefisienregresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,066> ttabel sebesar 1,9889. (5) polaasuh orang tua, penggunaan internet, lingkungan sekolah, disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa. Dimana diperoleh nilai Fhitung 40,605> Ftabel 2,32.