Pengaruh Efikasi Diri, Cara Belajar, Kreativitas Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA DM Triguna Padang
Main Author: | Estiwati, Estiwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6153/4/14090227%20-%20ESTIWATI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6153/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6153/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6153/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6153/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh efikasi diri secara parsial terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh cara belajar secara parsial terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh kreativitas belajar secara parsial terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh lingkungan teman sebaya secara parsial terhadap prestasi belajar, 5) pengaruh efikasi diri, cara belajar, kreativitas belajar, lingkungan teman sebaya secara stimultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA DM Triguna Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA DM Triguna Padang berjumlah 82 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,681 dan nilai thitung sebesar 6,106>ttabel sebesar 1,991; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara cara belajar secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,193 dan nilai thitung sebesar 2,169>ttabel sebesar 1,991 (3) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas belajar secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,178 dan nilai thitung sebesar 2,971>ttabel sebesar 1,991; (4) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan teman sebaya secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,487 dan nilai thitung sebesar 4,689>ttabel sebesar 1,991; (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri, cara belajar, kreativitas belajar dan lingkungan teman sebaya secara stimultan terhadap prestasi belajar dengan Fhitung57,927>Ftabel2,72. Disarankan Untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa,Efikasi diri harus tinggi dan yakin dengan kemampuan mereka dapat meningkatkan prestasi belajar, selain itu siswa harus mempunyai cara belajar yang baik dan membiasakan diri menyelesaikan tugas sehingga memiliki kreativitas dalam belajar sehingga dapat menunjang prestasi belajar siswa tersebut, selanjutnya lingkungan teman sebaya juga harus diperhatikan dalam belajar sehinggalebih mengakrabkan diri dengan lingkungan teman sebaya dapat meningkatkan prestasi yang tinggi.