Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengembangan Kurikulum, Sertifikasi Guru dan Adiwiyata Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Siswa KLS VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang

Main Author: Reny, Mimi Rianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6145/1/14090221%20RENY%20MIMI%20RIANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6145/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6145/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6145/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6145/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, pengembangan kurikulum, sertifikasi guru dan adiwiyata secara parsial dan simultan terhadap peningkatan mutu pembelajaran pada siswa kls pada siswa kls VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kls VIII.4 s/d VIII.15 di MTSN Model Padang yang berjumlah 591 orang. Lokal yang memiliki KKM 75. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 427 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa (1) fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran pada siswa kls VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang, hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,018 dan signifikan berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,426 > 1,648; (2) Pengembangan kurikulum berpengaruh signifikan antara pengembangan kurikulum terhadap mutu pembelajaran pada siswa kls VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang, hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,041 dan signifikan berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 1,756 > 1,648; (3) Sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran pada siswa kls VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang, hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,024 dan signifikan berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,375 > 1,648; (4) Adiwiyata pengaruh signifikan antara adiwiyata terhadap mutu pembelajaran pada siswa kls VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang, hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,112 dan signifikan berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,380 > 1,648; (5) fasilitas belajar, pengembangan kurikulum, sertifikasi guru dan adiwiyata berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran pada siswa kls VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai Fhitung (2,549) > Ftabel (2,390). Kontribusi bersama variabel fasilitas belajar, pengembangan kurikulum, sertifikasi guru dan adiwiyata terhadap mutu pembelajaran pada siswa kls VIII IPS Terpadu di MTSN Model Padang yaitu 86,4% dan sisanya 13,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dengan demikian disarankan kepada bagi pihak sekolah melengkapi infokus dan melakukan perawatan yang baik dalam penggunaan fasilitas belajar dalam menunjang mutu pembelajaran di sekolah, meningkatkan lagi dalam penataan penghijauan disekolah dan disiplin dalam membuang sampah agar prestasi dapat diraih meningkat lagi, Untuk itu disarankan kepada guru untuk menjelaskan istilah yang sulit dimengerti siswa menunjang mutu pembelajaran, Untuk itu diharapkan setiap siswa untuk membiasakan diri untuk menyiram bunga setiap pagi hari agar tanaman tetap terawat, tumbuh subur dengan baik.