Pengaruh Konsep Diri, Disiplin Belajar, Pola Asuh Orang Tua Dan Media Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Lengayang

Main Author: Rini, Wulan Dari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6144/4/14090218%20RINI%20WULAN%20DARI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6144/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6144/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6144/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6144/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh konsep diri secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa, 2) pengaruh disiplin belajar secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa, 3) pengaruh pola asuh orang tua secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa, 4) pengaruh media pembelajaran secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa, 5) pengaruh konsep diri, disiplin belajar, pola asuh orang tua, media pembelajaran secara stimultan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-XI IPS di SMA Negeri 2 Lengayang Lakitan Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 304. Pengambilan sampel menggunakan teknik sratified random sampling dengan jumlah sampel 170. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Variabel konsep diri sangat berpengaruh positif dan signifikan pada kemandirian belajar siswa terutama orang tua pendidikan rendah karena koefisiennya adalah 0,364 dengan thitung5,140> ttabel 1,974. (2) Variabel disiplin belajar sangat berpengaruh positif dan signifikan pada kemandirian belajar siswa terutama orang tua pendidikan rendah karena koefisiennya adalah 0,105 dengan thitung2,181> ttabel 1,974.(3) Variabel pola asuh orang tua sangat berpengaruh positif dan signifikan pada kemandirian belajar siswa terutama orang tua pendidikan rendah karena koefisiennya adalah 0,104 dengan thitung3,118> ttabel1,974 (4) Variabel media pembelajaran sangat berpengaruh positif dan signifikan pada kemandirian belajar siswa terutama orang tua pendidikan rendah karena koefisiennya adalah 0,169 dengan thitung3,470>ttabel 1,974 (5) Konsep diri, Disiplin belajar, Pola asuh orang tua dan Media pembelajaran bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian belajar siswa Nilai Fhitung58,308>Ftabel2,66 dan nilai signifikan 0,000<0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Saran bagi siswa untuk lebih aktif berkomunikasi terhadap teman sebaya tentang pelajaran yang kurang dimengerti sehingga hal tersebut mampu menambah kemandirian siswa dalam belajar.