Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Ranah Batahan Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Mona, Lestari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/614/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/614/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/614/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/614/4/13050016%20MONA%20LESTARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/614/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan motivasi belajar siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah motivasi belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Ranah Batahan dan mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas X MIPA SMAN 1 Ranah Batahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Ranah Batahan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan tes hasil belajar matematika dalam bentuk esai.Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa persentase motivasi belajar matematika siswa yang memilki 82,7% dengan kriteria sangat termotivasi. Analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen pada taraf nyata   0,05 . Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2,27 lebih besar dari ttabel = 1,67 maka tolak H0. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMAN 1 Ranah Batahan.