Pengaruh Minat Belajar, Efektifitas Pembelajaran, Lingkungan Kampus dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Desi, Mutiara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6137/4/14090200%20-%20DESI%20MUTIARA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6137/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6137/1/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6137/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6137/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi akademik. (2) pengaruh efektifitas pembelajaran terhadap prestasi akademik. (3) pengaruh lingkungan kampus terhadap prestasi akademik. (4) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik. (5) pengaruh minat belajar, efektifitas pembelajaran, lingkungan kampus dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Ekonomi, yang terdiri dari angkatan 2014 sampai dengan 2016. Sampel berjumlah 69 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Stratified Random Sampling berdasarkan indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Dengan nilai koefisien sebesar 0,008. Berdasarkan analisis data untuk variabel minat belajar diperoleh nilai thitung sebesar 2,779 > ttabel sebesar 1,67 dengan nilai signifikan 0,007 < α = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Efektifitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Dengan nilai koefisien sebesar 0,005. Berdasarkan analisis data untuk variabel efektifitas pembelajaran diperoleh nilai thitung sebesar 2,636 > ttabel sebesar 1,67 dengan nilai signifikan 0,011 < α = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Lingkungan kampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Dengan nilai koefisien sebesar 0,012. Berdasarkan analisis data untuk variabel lingkungan kampus diperoleh nilai thitung sebesar 8,582 > ttabel sebesar 1,67 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (4) Keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Dengan nilai koefisien sebesar 0,020. Berdasarkan analisis data untuk variabel lingkungan kampus diperoleh nilai thitung sebesar 4,711 > ttabel sebesar 1,67 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (5) Minat belajar, efektifitas belajar, lingkungan kampus dan keaktifan berorganisasi secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Dengan nilai Fhitung 86,818 > Ftabel 2,51 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat nilai R Square sebesar 0,844 yang artinya 84,4% perubahan pada variabel dependen (prestasi akademik) dapat dijelaskan oleh variabel independen (minat belajar, efektifitas kampus, lingkungan kampus dan keaktifan berorganisasi), sedangkan sisanya sebesar 15,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, 1) agar dalam proses pembelajaran hendaknya memperhatikan kesesuaian materi dengan media yang digunakan agar mahasiswa berminat mengikuti pembelajaran. 2) agar dapat menyiapkan bahan pelajaran semenarik mungkin agar mahasiswa tertarik dalam proses pembelajaran. Dan selalu bisa membawa mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan berbagai metode yang digunakan sehingga dapat belajar dengan efektif dan efisien. 3) kepada pihak kampus agar meningkatkan alat dan fasilitas belajar agar mahasiswa nyaman dalam belajar. 4) mahasiswa mampu aktif dalam kegiatan organisasi semasa kuliah.