Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar dengan siswa yang menggunakan umpan balik evaluasi formatif; 2) Apakah terdapat perbedaan hasi belajar dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan tipe kepribadian;. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Experiment (eksperimen semu), populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pantai Cemin tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil sebanyak 2 kelas yaitu terdiri dari 60 orang siswa, teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling, kelas eksperimen 1 pada kelas VIIIB yaitu sebanyak 30 orang dan kelas eksperimen 2 pada kelas VIIIE sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar dengan siswa yang menggunakan umpan balik evaluasi formatif nilai dengan nilai signifikan 0,995 dan nilai thitung = 4,033 > ttabel = 2,04 pada taraf kepercayaan 95%. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan Hasil belajar siswa menggunakan umpan balik evaluasi formatif kelompok dan individu. 2) Terdapat perbedaan hasi belajar dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan tipe kepribadian siswa dengan nilai signifikan 0,757 dan nilai thitung = 4,32 > ttabel = 2,32 pada taraf kepercayaan 95%. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan Hasil belajar siswa berdasarkan tipe kepribadian siswa. 3) Pada nilai hasil belajar dengan menggunakan umpan balik evaluasi formatif individu dapat untuk dilakukan oleh penelitian selanjutnya dan dapat meningkatkan lagi dalam nilai hasil belajar. 4) Pada nilai hasil belajar menggunakan dengan siswa kepribadian Introvert dilakukan oleh peneliti selanjutnya agar dapat meningkatkan nilai hasil berlajar siswa.