Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Kelas XI IPS Di SMAN 8 Padang Dengan Pendapatan Orang tua Sebagai Variabel Moderating

Main Author: Hendro, Masril Saputra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6121/4/14090156%20-%20HENDRO%20MASRIL%20SAPUTRA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6121/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6121/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6121/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6121/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh efikasi diri secara parsial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, 2) pengaruh lingkungan teman sebaya secara parsial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, 3) pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, 4) pengaruh pendapatan orang tua secara parsial terhadap minat melanjutkan keperguruan tinggi, 5) pengaruh pendapatan orang tua memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap minat, 6) pengaruh pendapatan orang tua memoderasi pengaruh lingkungan teman sebaya dengan terhadap minat, 7)pengaruh pendapatan orang tua memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 8 Padang berjumlah 75 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda, uji Moderated Regresition Analysis dan uji hipotesa dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh antara efikasi diri (X1) terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (Y) dengan nilai koefisien regresi efikasi diri sebesar 0,291 dan nilai thitung sebesar 2,873>ttabel sebesar 1,994 sedangkan nilai signifikan 0,005<α0,05, 2) terdapat pengaruh antara lingkungan teman sebaya (X2) terhadap minat (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,879>ttabel sebesar 1,994, 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar (X3) terhadap minat (Y) dengan thitung sebesar 6,338>ttabel sebesar 1,994, 4) tidak terdapat pengaruh antara pendapatan orang tua (X4) terhadap minat (Y) dengan thitung sebesar -0,255<ttabel, 5) pendapatan orangtua memperlemah pengaruh antara efikasi diri terhadap minat melanjutkan penddikan ke perguruan tinggi, 6) pendapatan orangtua memperkuat pengaruh antara lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan penddikan ke perguruan tinggi, 7) pendapatan orangtua memperlemah pengaruh antara motivasi belajar terhadap minat melanjutkan penddikan ke perguruan tinggi.