Pengaruh Perhatian Orangtua, Tingkat Intelegensi (IQ), Kesiapan Belajar Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 8 Padang

Main Author: Wira, Agustin Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6120/1/14090153%20-%20WIRA%20AGUSTIN%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6120/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6120/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6120/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6120/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, tingkat intelegensi, kesiapan belajar dan kreatifitas guru terhadap prestasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 8 Padang . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 74 orang dengan menggunakan teknik sampel berstrata. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,318. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,003 > ttabel sebesar 1,99495. Artinya apabila perhatian orang tua meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,318 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap prestasi belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,337 dan dengan nilai thitung 2,605 > ttabel sebesar 1,99495. Kedua tingkat intelegensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,299. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar thitung 3,839 > ttabel 1,99495. Artinya, apabila tingkat intelegensi meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,299 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap prestasi belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,331 dan dengan nilai thitung 2,755 > ttabel sebesar 1,99495. Ketiga kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,396. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,945 > ttabel sebesar 1,99495. Artinya, apabila kesiapan belajar meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,396 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap keaktifan belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan tinggi dengan koefisien sebesar 0,598 dan dengan nilai thitung 4,110 > ttabel sebesar 1,99495. Keempat kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,198. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,842 > ttabel sebesar 1,99495. Artinya, apabila kesiapan belajar meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,198 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendidikan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap prestasi belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,235. Kelima perhatian orang tua, tingkat intelegensi, kesiapan belajar dan kreativitas guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 55,875 > Ftabel 2,50. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.