Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pairs Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Siswa Kelas XI Jurusan RPL SMK NEGERI 2 Padang

Main Author: Silvia, Yulanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6118/1/14100016%20SILVIA%20YULANDA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6118/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6118/3/9.%20BAB%205.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6118/4/10.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6118/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya persentase peningkatan pada model pembelajaran Think Pairs Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 2 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, penelitian ini di lakukan di SMK Negeri 2 Padang pada tanggal 27 Maret sampai 11 April 2018 Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa Xl RPL SMK Negeri 2 Padang. Teknik sampling yang digunakan Simple Random Sampling yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswakelas Xl RPL 1 kelas Eksperimen dan Xl RPL 2 sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas Eksperimen sebesar 84,33 sedangkan kelas Kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,93. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (2,069 > 1,701),karena thitung besar dari > ttabel, maka hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Hal ini berarti model pembelajaran Think Pairs Share dapat memberi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 2 Padang. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran Think Pairs Share