Pengaruh Bakat Numerik, Kemampuan Berfikir Kritis, Pemanfaatan Waktu Luang dan Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pulau Punjung Dharmasraya

Main Author: Mela, Sukma Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6116/1/14090151%20-%20MELA%20SUKMA%20DEWI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6116/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6116/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6116/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6116/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Bakat Numerik terhadap hasil belajar, 2) Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis terhadap hasil belajar, 3) Pengaruh Pemanfaatan Waktu Luang terhadap hasil belajar, 4) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap hasil belajar, 5) Pengaruh Bakat Numerik, Kemampuan Berfikir Kritis, Pemanfaatan Waktu Luang dan Status Sosial Ekonomi Keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah semua Siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Pulau Punjung berjumlah 107 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu Stratified Random Sampling sebanyak 67 orang dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Bakat Numerik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,327. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,118 > ttabel sebesar 1,99834. Kedua Kemampuan Berfikir Kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,113. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,466 > ttabel 1,99834. Ketiga Pemanfaatan Waktu Luang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,681. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 4,499 > ttabel sebesar 1,99834. Keempat Status Sosial Ekonomi Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 1,896. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,188 > ttabel sebesar 1,99834. Kelima Bakat Numerik, Kemampuan Berfikir Kritis, Pemanfaatan Waktu Luang dan Status Sosial Ekonomi Keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap hasil. Dimana diperoleh Fhitung sebesar sebesar 60,389 > Ftabel sebesar 2,52. Disarankan kepada siswa kelas X akuntansi SMK N 1 Pulau Punjung untuk tetap bersemangat dalam belajar dan memperoleh hasil belajar akuntansi yang baik. Karena, pendapatan orang tua yang tinggi dan pendapatan orang tua yang rendah bukanlah ukuran bagi seseorang untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Hasil belajar yang baik didapatkan dari usaha dan kesungguhan yang dilakukan oleh diri sendiri. Untuk siswa kelas X akuntansi SMKN 1 Pulau Punjung agar dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Siswa harus mampu memanfaatkan waktunya untuk belajar misalnya saat jam pelajaran kosong dan sehabis pulang sekolah. Karena apabila pemanfaatan waktu luang siswa tinggi, maka hasil belajar yang diperoleh akan semakin meningkat.