Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Elpina, Elpina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/611/3/13080306%20ELPINA%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/611/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/611/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/611/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/611/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa tidak menyukai keterampilan menulis teks eksposisi, sebagian siswa ada yang belum mampu menulis teks eksposisi dan siswa kesulitan dalam mengembangkan ide-ide, sulit menentukan judul, dan menentukan struktur, dan sebagian siswakurang terampil dan kurang berlatih dalam menulis teks eksposisi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik pembelajaran Inquiring Minds Want ToKnow serta pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Inquiring Minds Want To Know terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 1 Bayang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu penggunaan teknik pembelajaran inquiring minds want to know sebagai variabel bebas (X)dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat (Y). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas pretest dan posttest. Jumlah populasi penelitian ini 120 orang dan sampel penelitian ini sebanyak 21 orang yaitu kelas VIII.1 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut.Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan teknik pembelajaran inquiring minds want to know memperoleh nilai rata-rata kelas 56,50 berada pada tingkat penguasaan 46-55% kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilanmenulis teks eksposisi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan teknik pembelajaran inquiring minds want to know memperoleh nilai rata-rata 75,23 berada pada tingkat penguasaa 66-75% kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik pembelajaran inquiring minds want to know terhadap Keterampilan Menulis teks eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung>ttabel ( ).