Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Pada Mata Pelajaran Melakukan Instalasi Jaringan Sistem Operasi Berbasis GUI Di SMKN 1 Ranah Batahan

Main Author: Desma, Yulita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6099/1/14100012%20-DESMA%20YULITA-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6099/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6099/3/9.%20BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6099/4/10.%20DAFTAR%20PUSTAKA1.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6099/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PBL) pada mata pelajaran Melakukan instalasi jaringan sistem operasi berbasis GUI pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMK Negeri 1 Ranah Batahan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Ranah Batahan pada 23 April sampai 19 Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X1 TKJ di SMK Negeri 1 Ranah Batahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X1 TKJ Grup2 kelas eksperimen dan XI TKJ Grup1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,56 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 73,94. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (2,407>1, 692), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima. Hal ini berarti model pembelajaran project based learning (PBL) berpengaruh positif terhadap hasil belajar melakukan instalasi jaringan sistem operasi berbasis GUI siswa kelas X1 TKJ di SMK N 1 Ranah Batahan.