Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang

Main Author: Trimay, Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6096/1/14100008-TRIMAY%20ANGGRAINI-SKRIPSI..pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6096/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6096/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6096/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6096/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya presentase pengaruh model pembelajaran Blended Learning dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X Rekayasa Perangkat Lunak semester ganjil SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini eksperimen, Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang pada 19 juli sampai 4 Agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Teknik sampling yang digunakan Purposive Sampling . Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X RPL1 kelas eksperimen dan X RPL2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,08, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,42. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (2,385 > 1, 677), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini berarti model pembelajaran Blended Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kata Kunci : Hasil belajar, model pembelajaran Blended Learning