Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar, Fasilitas Pendukung dan Pelatihan Terhadap Profesionalisme Guru di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Mega, Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6083/4/14090106%20-%20MEGA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6083/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6083/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6083/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6083/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru. 2) pengaruhpengalaman mengajarterhadap profesionalisme guru.3) pengaruh fasilitas pendukung terhadap profesionalisme guru. 4) pengaruh pelatihan guru terhadap profesionalisme guru. 5) latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, fasilitas pendukung dan pelatihan terhadap profesionalisme guru. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah semua guru di SMA N 1 Sungai Aur. Sampel berjumlah 44guru dengan teknik pengambilan sampel berupa total sampling. Teknikanalisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)latar belakang pendidikanberpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisienregresi (X1) sebesar2,020. Nilai koefisienregresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,312> ttabel sebesar 1,6848. (2) pengalaman mengajarberpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar1,593. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,134> ttabel sebesar 1,6848.(3) fasilitas pendukungberpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar0,572. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,676> ttabel sebesar 1,6848.(4) pelatihanberpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar0,534. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,599> ttabel sebesar 1,68. (5) latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, fasilitas pendukung dan pelatihanberpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru. Dimana diperoleh nilai Fhitung44,104 >Ftabel 2,61. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan :(1) kepada guru agar mengajar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dipelajari pada saat menempuh pendidikan agar siswa lebih memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru mata pelajaran tersebut. (2) kepada guru agar memanfaatkan masa kerjan yauntukmengefektifkan aktivitas pembelajaran, yaitu dengan kegiatan membuat catatan kemajuan anak didiknya, sehingga dapat melakukan penyesuaian-penyesuaian program yang mereka perlukan pada pembelajaran berikutnya. (3) diharapkan kepada sekolah agar lebih memberikan fasilitas pendukung seperti : infocus atau alat peraga pembelajaran lainnya. (4) kepada sekolah agar rutin memberikan pelatihan kepada guru seperti program pelatihan yang berkarakter yang mencerminkan sikap profesionalisme profesi tenaga pendidik.