Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With a Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA Kartika 1-5 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Nurhayati, Nurhayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/608/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/608/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/608/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/608/4/13050014%20NURHAYATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/608/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa masih kurang dalam hal mendengar, memperhatikan, dan mencatat selama proses pembelajaran serta hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar matematika siswa kelas XII IPS SMA Kartika 1–5 Padang selama penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question (LSQ) serta apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question (LSQ) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas XII IPS SMA Kartika 1-5 Padang Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Kartika 1-5 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian adalah menggunakan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan tes akhir untuk hasil belajar siswa yang berbentuk esai, dengan reliabilitas adalah soal dinyatakan reliabel. Berdasarkan analisis data tes akhir yang diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh lebih besar dari . Dengan demikian hipotesis diterima dengan selang kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan aktivitas belajar siswa kelas XII IPS SMA Kartika 1–5 Padang selama menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question (LSQ) meningkat serta hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question (LSQ) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas XII IPS SMA Kartika 1-5 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018.