Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual, dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman
Main Author: | Pebi, Ramadani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6079/4/14090100%20-%20PEBI%20RAMADANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6079/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6079/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6079/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6079/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kecerdasan emosional secara parsial terhadap tingkat pemahaman, 2) pengaruh perilaku belajar secara parsial terhadap tingkat pemahaman, 3) pengaruh kecerdasan intelektual secara parsial terhadap tingkat pemahaman, 4) pengaruh minat belajar secara parsial terhadap tingkat pemahaman, 5) pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, kecerdasan intelektual, minat belajar secara stimultan terhadap tingkat pemahaman siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Dua Koto tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 67 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, kecerdasan intelektual, minat belajar terhadap tingkat pemahaman siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman dengan menggunakan uji t dan F. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) variabel kecerdasan emosional sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman terutama pada pendapatan rendah karena koefisiennya adalah 0,191 dengan thitung 2,8384, (2) Variabel periaku belajar sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman terutama pendapatan rendah karena koefisiennya adalah 0,275 dengan thitung 3,726, (3) Variabel kecerdasan intelektual sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman terutama pendapatan tinggi karena koefisiennya adalah 0,319 dengan thitung 4,183 dan (4) Variabel minat belajar sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman terutama pendapatan tinggi karena koefisiennya adalah 0,152 dengan thitung 2,264. (5) kecerdasan emosional, perilaku belajar, kecerdasan intelektual dan minat belajar bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa dengan Nilai Fhitung46,556 > Ftabel2,75 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Saran dari penulis adalah untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa, untuk guru mata pelajaran diharapkan agar selalu mendidik siswanya dengan baik, untuk siswa diharapkan belajar dengan gigih dan tekun supaya tingkat pemahannya meningkat.