Daftar Isi:
  • Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat peserta didik sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.. Macromedia flash merupakan sebuah software yang digunakan guru membuat media berbentuk papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi pada kelas XI IPS 2 di SMA N 4 Pariaman. Penelitian ini digolongkan pada penelitian pengembangan atau Research and Development (R/D), subjek penelitian kelas XI IPS 2 di SMA N 4 Pariaman yang terdiri dari 34 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah mengetahui kelayakan hasil media pembelajaran interaktif. Hasil penilaian oleh ahli media oleh dua pakar ditinjau dari aspek (1) Kelayakan isi : 83 %; (2) Komponen kebahasaan : 86,87 %; (3) Komponen penyajian: 92% ; (4) Komponen kegrafikan: 88 %, Secara keseluruhan penilaian uji validitas terhadap Media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran TIK sebesar 87,5%. Hasil penilaian uji kepraktisan ditinjau dari aspek (1) Keadaan Penggunaan 82,94%; (2) Waktu Pembelajaran 81,18%; (3) Manfaat 82,94%; Senang Belajar 85,00; Adanya Bahan Ajar 85,33%; Secara keseluruhan penilaian kepraktisan terhadap Media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran TIK sebesar 82,56%. Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI ips 2 di SMA N 4 Pariaman valid dan praktis digunakan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Interaktif, Hasil media pembelajaran