Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua, Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA N 1 Panti Kabupaten Pasaman

Main Author: Rise, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6071/4/14090094%20-%20%20RISE%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6071/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6071/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6071/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6071/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:(1) pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar, (2) pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, (4) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar, (5) pengaruh tingkat pendidikan orangtua, perhatian orangtua, motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 PANTI Kabupaten Pasaman. Sampel dalam penelitian sebanyak 73 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling berdasarkan pendapatan orangtua siswa terendah dan pendapatan orangtua siswa tertinggi. dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana pengaruh lebih besar ditunjukkan pada nilai koefisien tingkat pendapatan rendah sebesar 0,517 dibanding dengan pendapatan tinggi sebesar 0,154. Dengan nilai thitung 2,352 > ttabel sebesar 2,0261 dan thitung-0,719<ttabel2,0518 yang artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Kedua Perhatian Orang Tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana pengaruh lebih besar ditunjukkan oleh nilai koefisien tingkat pendapatan rendah sebesar 0,359 dibanding pendapatan orangtua tinggi sebesar 0,121. Dengan nilai koefisien thitung 2,577 > ttabel sebesar 2,0261 dan thitung 0,652< ttabel sebesar 2,0518 yang artinya artinya Ha ditolak dan H0 diterima . Ketiga Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana pengaruh lebih besar ditunjukkan oleh pendapatan rendah sebesar 0,235 dibanding pendapatan tinggi sebesar 0,695. Dengan nilai koefisien ini thitung 1,200 < ttabel sebesar 2,0261 dan thitung 4,158 > ttabel sebesar 2,0518 yang artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Keempat Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana pengaruh lebih besar ditunjukkan oleh tingkat pendapatan rendah sebesar 0,431 dibanding nilai koefisien pendapatn tinggi 0,281. Dengan nilai thitung 3,928 > ttabel sebesar 2,0261 dan nilai thitung 1,833 > ttabel sebesar 2,0518 artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Kelima tingkat pendidikan orang tua, perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana tingkat pendapatn tinggi diperoleh nilai Fhitung 12,264 > Ftabel 2,71 dan nilai signifikan 0,000< α =0,05 sedangkan tingkat pendapatan rendah dengan nilai Fhitung 18,124 > Ftabel 2,63 dan nilai signifikan 0,000< α =0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun saran dalam penelitian ini hendaknya guru memotivasi anak dengan baik agar hasil belajar lebih baik dan kepada orangtua hendaknya memperhatikan anak nya agar hasil belajar siswa lebih baik lagi.