Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 3 Padang. Skripsi

Main Author: Fitri, Wahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6058/4/14080122%20FITRI%20WAHYUNI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6058/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6058/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6058/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6058/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengembangkan ide atau gagasan di dalam menulis teks eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya penerapan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul pada pembelajaran menulis teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk racangan Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 yan berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 5 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 3 Padang. Instrumen penelitian ini diperleh melalui tes unjuk kerja Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) keterampilan menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul memperoleh nilai rata-rata 62,38 berada pada tingkat penguasaan 56–65% dengan kualifikasi Cukup (C). (b)Keterampilan menulis teks eksposisi denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul memperoleh nilai rata-rata 74,28 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). (c) Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul siswa kelas X SMAN 3 Padangkarena thitung>ttabel (5,16>1,67). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul kelas X SMAN 3 Padang lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul