Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Geringging Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Putri, Indah Permata Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6055/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6055/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6055/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6055/4/11010251-%20PUTRI%20INDAH%20PERMATA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6055/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rata-rata hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging. Salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran masih berpusat pada guru yang menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Selain itu, guru hanya memanfaatkan media papan tulis untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran biologi, karena siswa hanya terfokus untuk menyalin tulisan yang ada di papan tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media Power Point terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan Randomized Control- Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Metode penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan control dengan cara pengundian sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dan Kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 4. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu soal yang diberikan melalui tes tertulis dengan bentuk objektif sebanyak 40 butir soal. Ranah afektif dan psikomotor digunakan lembar observasi sikap (menghargai pendapat teman, bertanggung jawab, dan santun berkomunikasi selama proses pembelajaran) dan keterampilan (kelengkapan laporan diskusi, simpulan hasil diskusi dan kerapian, kebersihan serta kejelasan dalam penulisan). Teknik analisis data ranah kognitif menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor diperoleh hasil tes belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,03 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 70,33. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (3,67) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai sikap siswa pada kelas eksperimen yaitu B (3,60) dan kelas kontrol yaitu B (3,56), sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh nilai keterampilan pada kelas eksperimen yaitu A-(3,78) dan kelas kontrol yaitu B+ (3,27). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai Media Power Point berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Geringging pada materi Sistem Reproduksi Manusia tahun pelajaran 2015/2016.