Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang

Main Author: Gusni, Firma Yulita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6053/2/%2814080173%29%20GUSNI%20FIRMA%20YULITA%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6053/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6053/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6053/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6053/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa kurang menyukai pembelajaran menulis, sehingga siswa sulit menuangkan idenya ke dalam bentuk poster. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam menyesuaikan kata-kata yang ditulis pada poster, karena kurang memahami cara menyusun kata-kata ke dalam bentuk poster. Ketiga, siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan materi poster, sehingga cenderung asal-asalan dalam mengerjakan latihan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis poster siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar dan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis poster siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas VIII SMPN 1 Gunung Talang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 160 orang dan sampel berjumlah 46 orang dengan penarikan sampel yaitu simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini terbagi dua yaitu variabel bebas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar, dan variable terikat menulis poster. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis poster. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, keterampilan menulis poster tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang nilai rata-rata 76,81 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% yaitu berada pada kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan menulis poster dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar nilai rata-rata 84,06 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% yaitu berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji- t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar terhadap kerterampilan menulis poster siswa kelasVIII SMPN 1 Gunung Talang karena Thitung>Ttabel (1,87 > 1,68), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima