Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 37 Sijunjung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang berpatisipasinya siswa pada saat diskusi, pengunaan bahan ajar yang masih kurang, belum bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru, hasil belajar siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Phair Share di sertai LDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Phair Share di Sertai LDS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 37 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 37 Sijunjung. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada ranah kognitif, dan lembar observasi pada ranah afektif, analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 77,82 dan kelas kontrol 72,79. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung = 1,75 sedangkan ttabel = 1,68 hal ini menunjukan thitung > ttabel ini berarti hipotesis diterima. Pada ranah afektif nilai rata-rata modus kelas eksperimen 3,38 dan kelas kontrol 3,19. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung = 1 sedangkan ttabel = 1,68 hal ini menunjukan thitung <ttabel ini berarti hipotesis ditolak. maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Phair Share di Sertai LDS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif.