Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung

Main Author: Lasrina, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6042/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6042/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6042/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6042/4/12010176%20LASRINA%20PUTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6042/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian siswa sulit memahami konsep biologi terutama pada materi ekosistem dan pembelajaran yang digunakan dengan menerapkan pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa, hal ini dapat dilihat pada rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung yang masih berada pada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sekolah tersebut. Untuk mengatasi permasalahan yang ditemui di sekolah tersebut, dituntut kreativitas guru menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang menuntut kreativitas siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Kelas eksperimen X MIPA 6 dan kelas kontrol X MIPA 4 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi sikap adalah berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Kompetensi ketrampilan dapat dilihat dari laporan diskusi yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata tes hasil belajar pada kelas eksperimen 3,17 ( B+), sedangkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas control 2,92 (B) setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 1,78 dan ttabel 1,645 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Untuk sikap siswa pada kelas eksperimen 3,68 (B) dan kelas kontrol 3,39 (B) baik. Ketrampilan siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol baik dengan rata-rata capaian optimum 3,77 (B+) dan kelas kontrol 3,35 (B+). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung.