Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation disertai Power Point terhadap Hasil Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Lia, Novita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6041/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6041/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6041/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6041/4/12010164%20LIA%20NOVITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6041/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang terdapat di SMA Negeri 2 Pariaman bahwa nilai siswa kelas XI IPA masih ada yang di bawah KKM, KKM yang ditetapkan yaitu 79. Salah satu materi yang nilainya di bawah KKM adalah Sistem Ekskresi. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi, serta kurangnya penggunaan media yang bervariasi, sehingga menyebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation disertai Power Point terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Dessign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik Pusposive Sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran soal tes hasil belajar untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotor. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (75,18) dan kelas kontrol (51,46). Hasil uji-t didapatkan thitung = 1,94 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Penilaian afektif selama proses pembelajaran berlangsung terdapat tiga indikator yang diamati. Hal ini terlihat dari kelas eksperimen, indikator menghargai pendapat teman dalam proses pembelajaran 3,46, sedangkan pada kelas kontrol 3,28, indikator bertangung jawab 3,81 sedangkan kelas kontrol 3,00 dan pada indikator santun berkomunikasi pada saat pembelajaran adalah 3,78, sedangkan pada kelas kontrol 2,93. Ranah psikomotor tiga indikator yang diamati pada kelas eksperimen, kelengkapan laporan 4,00, indikator menyimpulkan laporan 3,78 dan pada indikator kerapian, kerapian tulisan 4,00. Pada kelas kontrol indikator kelengkapan resume 3,86, indikator menyimpulkan resume 3,73 dan kerapian tulisan 3,31. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation disertai Power Point terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2015/2016.