Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Meica, Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6038/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6038/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6038/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6038/4/12010158%20Meica%20indra%20%28Skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6038/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penyebab hasil belajar belum mencapai KKM diduga interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa serta antara siswa dengan guru kurang terlihat dalam proses pembelajaran. Selama ini pembelajaran biologi yang disampaikan guru dengan metode ceramah dan tanya jawab dan belum pernah menerapkan model pembelajaran. Selain itu, sarana yang mendukung media pembelajaran kurang memadai untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Control-group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2015/2016. Metode penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Penentuan kelas sampel dengan cara pengundian, kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes tertulis, sedangkan ranah afektif dan psikomotor digunakan rubrik penilaian sikap dan keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,07 dan kelas kontrol adalah 64,92. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung (1,88) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Ranah afektif diperoleh nilai modus kelas eksperimen yaitu B- (2,56) dan kelas kontrol yaitu B (2,81), sedangkan ranah psikomotor diperoleh nilai capaian optimum kelas eksperimen yaitu B (3,06) dan kelas kontrol yaitu B (2,87). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan pada ranah kognitif dalam materi ekosistem tahun pelajaran 2015/2016.