Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VII SMP N 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Ikhwani, Sofia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6031/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6031/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6031/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6031/4/12010123%20IKHWANI%20SOFIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6031/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena model pembelajaran yang diajarkan guru belum bervariasi, proses pembelajaran masih berlangsung satu arah yaitu dari guru ke siswa dengan kata lain proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa dalam belajar hanya bersifat menerima saja. Dalam proses pembelajaran guru yang aktif dalam memberikan pelajaran sedangkan siswa hanya mendengarkan apa yang diberikan guru sehingga tidak ada siswa yang mau bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung, begitu juga buku sumber yang tersedia juga terbatas sehingga menyebabkan siswa bosan untuk belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Hiliran Gumanti yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen kelas VII.2, kelas kontrol kelas VII.3 dan data dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas sampel didapatkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 74,11 dan 63,64. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan t hitung = 2,23 sedangkan ttabel = 1,68, berarti thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis diterima ( ). Hasil analisis data penilaian kompetensi sikap kelas eksperimen dengan predikat baik (3,21), sedangkan kontrol berada pada predikat cukup (2,83). Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan t hitung = 2,75 sedangkan ttabel = 1,68, berarti thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis diterima ( ). Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada penilaian sikap dan pengetahuan siswa kelas VII SMP N 1 Hiliran Gumanti Kabupaten solok.