Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa kurang meminati pembelajaran menulis berita. Siswa kesulitan dalam pemilihan kosa kata yang baik untuk menulis berita. Siswa kurang mampu dalam mengembangkan ide-ide untuk menulis berita. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa sebelum dan sesudah menggunakan model brain writing dan pengaruh penggunaan model brain writing terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model brain writing dan skor keterampilan menulis berita sesudah menggunakan modelbrain writing siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 33 Padang sebelum menggunakan model brain writing memperoleh nilai ratarata 64,52 dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model brain writing siswa kelas VIII SMPN 33 Padang memperoleh nilai rata-rata 80,47dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model brain writing siswa kelas VIII SMPN 33 Padang karena thitung > ttabel (6,10 > 1,70). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model brain writing siswa kelas VIII SMPN 33 Padang lebih baik daripada sebelum menggunakan model brain writing