Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 2 Painan

Main Author: Zhuliani, Dova
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6028/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6028/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6028/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6028/4/12010120%20ZHULIANI%20DOVA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6028/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar biologi siswa SMAN 2 Painan, yaitu nilai rata-rata ulangan harian Biologi siswa pada materi sistem reproduksi. Disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa kurang termotivasi dalam belajar biologi, kurangnya kerjasama dan tanggung jawab siswa saat diskusi berlangsung, kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran dan guru membagi kelompok secara homogen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media power point terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Painan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 3. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar berupa tes tertulis, dengan bentuk soal objektif dengan 38 butir soal. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan analisis data pada kompetensi pengetahuan, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 79,74 dan siswa kelas kontrol 72,66. Analisis data yang dilakukan dengan uji t didapatkan thitung 2,31 dan ttabel 1,67 , artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk kompetensi sikap kelas eksperimen memiliki rata-rata 3,52 (B) lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 3,25 (B). Pada kompetensi keterampilan kelas eksperimen memiliki rata-rata 3,55 (A-) sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 2,91 (B). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Painan.