Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks deskripsi masih rendah. Permasalahan pada pembelajaran menulis teks deskripsi adalah, minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis masih rendah. Siswa kesulitan dalam penggunaan huruf kapital, tanda baca/ ejaan, dan penggunaan kata baku. Siswa sulit untuk menuangkan ide/ gagasan dan mengembangkan daya imajinatif mereka. Siswa malas memahami tentang paragraf. Siswa merasa kesulitan dalam menggambarkan sebuah objek. Siswa sulit untuk memahami kosa kata dalam bahasa Indonesia. Siswa tidak mengetahui struktur teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Gunung Talang tanpa dan dengan menggunakan model Concept Sentence. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Pre-Exsperimental dengan rancangan Desain Randomized Control Group Only. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Gunung Talang berjumlah 161 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang pada kelas VII 5 sebagai kelas kontrol dan kelas VII 7 sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan model Concept Sentence dan skor hasil keterampilan menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Concept Sentence. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan model Concept Sentence dan dengan menggunakan model Concept Sentence. Pertama, tingkat keterampilan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan model Concept Sentence memperoleh nilai rata-rata 69,57 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (Ldc). Kedua, tingkat keterampilan menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Concept Sentence memperoleh nilai ratarata 80,43 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model Concept Sentence karena thitung ≥ ttabel (5,9 ≥ 1,68). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Gunung Talang dengan menggunakan model Concept Sentence lebih baik daripada tanpa menggunakan model Concept Sentence.