Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Deti, Novera
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6011/2/%2814080157%29%20DETI%20NOVERA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6011/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6011/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6011/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6011/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca yang berdampak pada keterampilan menulis siswa. Siswa cenderung menyukai kegiatan diskusi dan berbicara, siswa masih ragu-ragu dan kekurangan ide dalam menulis. Siswa kesulitan menulis teks negosiasi karena penguasaan kosakata yang masih rendah, pemahaman terhadap materi kurang dan ketidakmampuan siswa dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran generatif dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran generatif terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 351 orang dan sampel berjumlah 62 orang dengan teknik penarikan sampel porposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran generatif dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu menulis teks negosiasi. Hasil penelitian ini adalah, Pertama, keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri I Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran generatif tergolong cukup (C), dengan ratarata hitung (M) 73,92 dengan penguasaan 66-75%. Kedua, keterampilan menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran generatif siswa kelas X SMA Negeri I Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tergolong Baik (B), dengan rata-rata hitung (M) 81,45 dengan penguasaan 76-85%. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kerterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan karena Thitung > Ttabel (2,71 > 1,67), sehinga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.