Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian. 3) kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. 4) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. 5) pengaruh persepsi harga, lokasi, kualitas pelayanan, promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2018. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Foodmart Basko Grand Mall kota Padang. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 konsumen. Teknik penarikan sampelnya yaitu Acidental sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0,520. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung -2,742 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila persepsi harga meningkat sebesar 1%, maka keputusan pembelian akan menurun sebesar -0,520 dalam setiap satuannya. 2) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,391 nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,088 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila lokasi meningkat sebesar 1%, maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,520 dalam setiap satuannya. 3). Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,400 nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,465 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila Kualitas Pelayanan meningkat sebesar 1%, maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,400 dalam setiap satuannya, 4). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,228 nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,608 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila promosi meningkat sebesar 1%, maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,671 dalam setiap satuannya, 5). Persepsi harga, lokasi, kualitas pelayanan dan promosi bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana diperoleh nilai Fhitung 41,230 > Ftabel 2,29. Hal iniberarti Haditerimadan H0ditolak. Adapun saran dalam penelitian ini hendaknya perusahaan meningkkatkan Persepsi harga, lokasi, kualitas pelayanan dan promosi dengan baik agar keputusan pembelian akan produk dapat meningkat dengan baik sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang seimbang.