Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Lembar Diskusi Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman
Main Author: | Pitria, Marta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6004/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6004/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6004/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6004/4/12010040%20PITRIA%20MARTA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6004/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian siswa sulit memahami konsep biologi terutama pada materi ekosistem. Pada proses pembelajaran masih pembelajaran konvensional, tanya jawab, dan menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas X SMAN 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Lembar Diskusi Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive random sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Data pada ranah sikap diperoleh dari pengisian lembaran observasi oleh observer, data pada ranah pengetahuan didapatkan dengan melakukan tes akhir, sedangkan pada keterampilan nilai diperoleh dari resume yang dibuat siswa pada tiap pertemuan. Data dianalisis dengan menggunakan uji t, dengan hasil thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata hasil belajar biologi pada kelas eksperimen yaitu 81,73 dan pada kelas kontrol yaitu 77,47. Berdasarkan uji normalitas dan homogen maka sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas maka untuk uji hipotesis, dengan uji- t. Hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda nyata dengan kelas kontrol, thitung > ttabel maka H1 diterima. Nilai rata-rata sikap pada kelas eksperimen yaitu 3,43 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 3,2. Nilai rata- rata ranah keterampilan kelas eksperimen yaitu 3,37 sedangkan pada kelas kontrol 2,84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Lembar Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah pengetahuan siswa kelas X SMA N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman.