Pengaruh Penggunaan Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai

Main Author: Reno, Sri Juita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5993/4/14080195%20RENO%20SRI%20JUWITA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5993/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5993/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5993/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5993/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa kurang menyukai menulis berita. Siswa kurang mampu dalam mengembangkan ide-ide. Siswa bingung menggunakan tanda baca yang baik dan benar. Siswa kesulitan dalam menentukan topik berita. Siswa sulit menentukan 5W+1H. Siswa kesulitan saat menandai kalimat efektif. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar beseri serta pengaruh penggunaan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 31 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis berita sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar berseri siswa kelas VIII. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII sebelum menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar berseri memperoleh nilai rata-rata 59,97 berada pada tingkat penguasaan 56 – 65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar berseri siswa kelas VIII memperoleh nilai rata-rata 75,70 berada pada tingkat penguasaan 66 - 75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t dengan thitung> tabel (3,29 >1,70). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis berita dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar berseri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai lebih baik dari pada sebelum menggunakan model Think Talk Write (TTW) Berbantuan media gambar berseri