Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP N 1 SUTERA Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Fingki, Edeyari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5990/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5990/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5990/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5990/4/11010300_FINGKI%20EDEYARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5990/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah model pembelajaran yang belum bervariasi sehingga tidak terjadi interaksi yang positif dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat siswa dalam belajar. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar biologi adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based leraning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based leraning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N 1 SUTERA Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 SUTERA Kabupaten Pesisr Selatan. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.4 dan kelas kontrol adalah kelas VII.5. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi daripada kelas kontrol dimana rata-rata kelas eksperimen pada kompetensi pengetahuan 3,08 dengan predikat baik dan pada kelas control 2,88 dengan predikat baik. Uji hipotesis diperoleh thitung adalah 2,09 dan ttabel 1,67 dimana thitung> ttabel yang berarti hipotesis penelitian diterima. Rata-rata kompetensi sikap pada kelas eksperimen 3,06 dengan predikat baik dan pada kelas kontrol 3,00 dengan predikat baik, dan pada kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen 3,15 dengan predikat baik dan pada kelas kontrol 2,94 dengan predikat baik. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based leraning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N I SUTERA Kabupaten Pesisir Selatan.