Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar biologi siswa pada materi organisasi kehidupan, disebabkan karena siswa kurang memahami struktur sel, jaringan, organ dan sistem organ. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti guru kurang bervariasi dalam menerapkan strategi pembelajaran, biasanya guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Center) dan guru kurang menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memamahami materi, sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran serta siswa kurang aktif dalam belajar dan beberapa siswa malas bertanya tentang materi yang tidak dipahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Matur Kabupaten Agam. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Matur. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling sehingga yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII1 dan kelas kontrol adalah kelas VII2. Berdasarkan hasil analisis data yang didapat adalah rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 83,04 sedangkan kelas kontrol 72,06 dengan harga thitung 5,76 dan ttabel 1,67. Bila thitung > ttabel maka hipotesis diterima (H1). Hasil analisis penilaian pada ranah afektif kelas eksperimen diperoleh hasil 3,2 dengan predikat B dan kelas kontrol 3,1 dengan predikat B. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write dapat mempengaruhi hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Matur Kabupaten Agam.