Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul Pada Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 3 Padang
Main Author: | Nia, Oktaviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5985/4/14080187%20NIA%20OKTAVIANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5985/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5985/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5985/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5985/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengembangkan ide atau gagasan dalam menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul siswa kelas X SMAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen true eksperimental design dengan racangan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian siswa kelas X SMAN 3 Padang jumlah siswa 353 orang yang tersebar 10 kelas. Kelas kontrol berjumlah 35 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel dalam penelitian ada dua yaitu, Pertama, variabel bebas adalah model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul pembelajaran. Kedua, variabel terikat adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes unjuk kerja menulis teks laporan hasil observasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa. Pertama, tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 3 Padang tanpa menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul memperoleh nilai rata-rata 65,24 yaitu berada pada tingkat penguasaan 56-65% berada pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 3 Padang dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul memperoleh nilai rata-rata 72,62 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 3 Padang dengan thitung > ttabel yaitu (3,41 >1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi lebh baik dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan modul