Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks prosedur siswa yang dipengaruhi oleh keterbatasan bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektivitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia berbasis Inkuiri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 padang. Untuk itu, guru perlu menggunakan buku sumber lainnya sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan validitas LKS pembelajaran menulis teks Prosedur berbasis Inkuiri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang (dari segi isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan). Kedua, untuk mendeskripsikan praktikalitas LKS pembelajaran menulis teks Prosedur berbasis Inkuiri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang (dari segi mudah digunakan oleh guru dan siswa serta sesuai dengan alokasi waktu). Ketiga, untuk mendeskripsikan efektivitas LKS pembelajaran menulis teks prosedur berbasis Inkuiri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang (dari segi hasil belajar dan aktvitas belajar siswa). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4- DModels yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Tahap define terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan LKS Bahasa Indonesia berbasis Inkuiri pada materi menulis teks prosedur, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas yang terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah 6 Padang. Uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 24 orang siswa kelas VII SMP. Data dianalisis dengan teknik analisis data persentase dan diolah secara desktriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis Inkuiri oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini berada pada kriteria sangat valid, yaitu 81,84 ditinjau dari segi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa menunjukkan LKS ini tergolong praktis, yaitu 80,36% dan uji efektivitas tergolong sangat efektif, yaitu 98,27% diketahui dari aktivitas siswa dan hasil belajar. Dapat disimpulkan LKS berbasis Inkuiripada materi menulis teks prosedur yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif