Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Koto Baru Kabupaten Solok

Main Author: Kartika, Loverina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5979/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5979/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5979/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5979/4/11010238%20KARTIKA%20LOVERINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5979/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN koto baru yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti proses belajar berpusat pada guru dan berlangsung satu arah, kurangnya inisiatif siswa dalam bertanya, cara belajar siswa yang bersifat individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Koto Baru Kabupaten Solok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Koto Baru Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan VIII6 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 30,93 dan kelas kontrol 38,06. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung= 2,03 sedangkan ttabel = 59,85 hal ini menunjukkan thitung< ttabelini berarti hipotesis ditolak. Nilai modus ranah afektif pada kelas eksperimen 2,24 dengan predikat C dan kontrol 2,81 predikat C. Pencapaian optimum nilai psikomor pada kelas eksperimen 2,91 dengan predikat B dan kelas kontrol 2,95 dengan predikat B . Jadi Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai media gambar belum dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Koto Baru Kabupaten Solok.