Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan
Main Author: | Yassir, Rufadilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5974/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5974/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5974/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5974/4/11010217%20-%20YASSIR%20RUFADILLA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5974/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang terdapat di SMAN 2 Koto XI Tarusan bahwa nilai siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Koto XI Tarusan masih ada yang di bawah KKM, KKM yang ditetapkan yaitu 72. Salah satu materi yang nilainya di bawah KKM adalah Sistem Reproduksi. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi, siswa masih menganggap pelajaran biologi adalah pelajaran hafalan yang tidak membutuhkan penguasaan lebih untuk mendapatkan nilai yaang bagus, siswa cendrung pasif dalam proses belajar mengajar, siswa masih sering belajar secara individu daripada belajar secara kelompok sehingga hasil belajar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) disertai media gambar terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive random Sampling didapatkan kelas XI IPA.3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran tes hasil belajar siswa berupa soal objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (59,27) kelas kontrol (49,41). Hasil uji-t didapatkan thitung = 1,85 dan ttabel = 1,68 maka hipotesis diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai media gambar terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan.