Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Menggunakan LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Padang
Main Author: | Mintin, Mintin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5972/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5972/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5972/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5972/4/11010207%20MINTIN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5972/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya belum bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang karena siswa hanya terfokus pada penjelasan guru, yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian biologi siswa pada materi sistem pernapasan kelas XI semester II SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan menggunakan LDS apakah dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembaran tes hasil belajar siswa dengan bentuk soal objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan skor tes hasil belajar biologi siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 62,29 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,20. Hasil analisis uji-t, diperoleh thitung (0,37) < ttabel (1,67) yang berarti H1 ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan menggunakan LDS tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang pada materi sistem Pernapasan.