Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Hal ini disebabkan oleh kurangnya rasa keingintahuan dan keaktifan siswa terhadap pelajaran biologi. Selain itu, guru masih menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga tidak ada usaha dari diri siswa dalam proses pembelajaran biologi. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas XI SMA Negeri 2 Ranah Pesisir Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Total Sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen XI IPA2 dan kelas kontrol XI IPA1. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar daam bentuk tes objektif sebanyak 38 butir soal. Analisis data dilakukan dengan uji-t untuk ranah kognitif, t1 untuk ranah afektif dan psikomotor. Hasil analisis data penilaian ranah kognitif pada hasil belajar memiliki rata-rata lebih tinggi dari pada kelas kontrol, walaupun nilai masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dimana rata-rata kelas eksperimen 70,32, sedangkan kelas kontrol 63,76. Nilai rata-rata pada ranah afektif untuk kelas eksperimen diperoleh nilai modus 2,56 dengan predikat C dan kelas kontrol 2,81 dengan predikat C. Ranah Psikomotor pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata capaian optimum 3,76 dengan predikat A-, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata capaian optimum 3,88 dengan predikat A+. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ranah Pesisir pada ranah kognitif sedangkan ranah afektif dan psikomotor tidak meningkat.