Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Disertai Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Gunung Talang Kabupaten Solok

Main Author: Lusi, Rahmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5964/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5964/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5964/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5964/4/11010184%20-%20LUSI%20RAHMAWATI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5964/
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gunung Talang dikarenakan banyak siswa yang tidak siap dalam belajar, kurangnya minat dan motivasi serta dalam proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru, sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu berada di bawah KKM 77. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) disertai handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team achievement Division (STAD) disertai handout terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Posttest only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gunung Talang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi pengetahuan adalah berupa hasil tes objektif yang dilaksanakan diakhir penelitian. Kompetensi sikap berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ranah kognitif pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 54,48 dan 47,62. Berdasarkan uji t, diperoleh thitung> ttabel yang bearti dan H1 diterima. Pada ranah afektif diperoleh modus kelas eksperimen 3,85 dengan predikat A dan kelas kontrol 3,72 dengan predikat A. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) disertai handout berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif tetapi tidak pada ranah afektif.