Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa kurang menyukai pelajaran bahasa Indonesia. Kedua, kurang minatnya siswa dalam menulis teks eksplanasi disebabkan siswa sulit menuangkan ide dan gagasan yang akan ditulis. Ketiga, siswa kesulitan dalam menentukan struktur teks eksplanasi. Keempat, siswa kesulitan dalam memahami kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan menggunakan rancangan The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung yang terdaftar tahun ajaran 2017 sebanyak 210 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, berjumlah 35 orang pada kelas kontrol dan berjumlah 36 orang pada kelas ekperimen. Teknik penarikan sampel yaitu Simple Random Sampling. Variabel pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation variabel bebas dan menulis teks eksplanasi variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks ekpslanasi siswa tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berdasarkan analisis data dapat diketahui. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung tanpa menggunakan model kooperatif tipe group investigation memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,56 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,51 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung karena > yaitu 2,11 > 1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung.