Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Yesi, Puspita Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5958/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5958/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5958/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5958/4/11010152%20YESI%20PUSPITA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5958/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa di kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam belajar biologi, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya keberanian siswa dalam mengeluarkan ide dan pendapat. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan kabupaten pesisir selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh dari penilaian kognitif pada kelas eksperimen 67,75 dan pada kelas kontrol 57,24 dengan harga thitung 3,12 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis. Penilaian afektif pada kelas eksperimen dengan predikat B+ (3,34) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat B- (3,23). Penilaian psikomotor kelas eksperimen dengan predikat B- (2,64) dan pada kelas kontrol berpredikat B+ (3,29). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan kabupaten pesisir selatan Tahun Pelajaran 2015/2016.