Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuh
Main Author: | Gistria, Angella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5944/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5944/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5944/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5944/4/11010057%20ANGELLA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5944/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuh masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini sebabkan karena rendahnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran biologi sehingga kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Guru lebih cendrung menggunakan metode ceramah, diskusi, latihan soal, penugasan baik secara individu maupun kelompok, selain itu saat diadakan diskusi oleh guru hanya beberapa siswa yang aktif atau siswa hanya mengandalkan teman yang lebih pintar. Dalam proses pembelajaran tidak semua siswa memiliki buku pegangan atau buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Kelas sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling, dan didapat kelas X.6 sebagai kelas kontrol dan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil tes siswa diakhir penelitian. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Hasil penelitian, ditemukan bahwa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 73,22 lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas control yaitu 65,37. Hasil uji hipotesis dengan uji t, diketahui bahwa nilai ttabel adalah 1,63 dan thitung adalah 2,39 ini menunjukkan H1 diterima atau hipotesis diterima. Dapat disimpulkan, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuh.