Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Padang Gelugur Pasaman
Main Author: | Dian, Nita Utama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5943/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5943/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5943/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5943/4/11010024_DIAN%20NITA%20UTAMA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5943/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur Pasaman, dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kurang termotivasinya siswa dalam belajar, kurang bervariasinya model maupun metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, serta kurangnya partisipasi siswa saat berdiskusi. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah yaitu berada dibawah KKM 75. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur Pasaman yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X6 sebagai eksperimen I dan X5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I 76,17 dan kelas eksperimen II 62,98. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung = 5,05 sedangkan ttabel = 1,67 hal ini menunjukan thitung > ttabel ini berarti hipotesis diterima. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur Pasaman.