Pengaruh Experiental Marketing, Kualitas Pelayanan, Promosi, Lingkungan Belanja dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Karambia Di Kota Padang

Main Author: Sri Wahyu, Ilahi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/594/1/13090077%20SRI%20WAHYU%20ILLAHI%20%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/594/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/594/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/594/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/594/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh experiental marketing terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. 3) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. 4) pengaruh lingkungan belanja terhadap keputusan pembelian. 5)pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian. 6) pengaruh experiental marketing, kualitas pelayanan, promosi, lingkungan belanja dan gaya hidup secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengunjung Kafe Karambia kota Padang. Sampel berjumlah 120 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dengan teknik analisis deskriptif dan induktif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan experiental marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian(Y), yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,492. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 8,694 > ttabel sebesar 1,98 berarti Ha diterima H0 ditolak, dapat diartikan apabila nilai experiental marketing meningkat sebesar satu satuan maka pembelian konsumen di Cafe Karambia ini akan meningkat sebesar 0,492 satuan. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,279. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 7,942 > ttabel sebesar 1,98. berarti Ha diterima H0 ditolak, dapat diartikan apabila nilai kualitas pelayanan meningkat sebesar 1 satuan maka pembelian konsumen di Cafe Karambia ini akan meningkat sebesar 0, 279 satuan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan promosi (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,331. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,004 > ttabel sebesar 1,98. 05 berarti Ha diterima H0 ditolak. Artinya apabila nilai promosi meningkat sebesar satu satuan maka pembelian konsumen di Cafe Karambia ini akan meningkat sebesar 0,331 satuan. (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belanja (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,169. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,666 > ttabel sebesar 1,98 berarti Ha diterima H0 ditolak, dapat diartikan apabila nilai lingkungan belanja meningkat sebesar satu satuan maka pembelian konsumen di Cafe Karambia ini akan meningkat sebesar 0,169 (5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya hidup (X5) berpengaruh poaitif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,400. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,654 > ttabel sebesar 1,98 berarti Ha diterima H0 ditolak, dapat diartikan apabila nilai gaya hidup meningkat sebesar satu satuan maka pembelian konsumen di Cafe Karambia ini akan meningkat sebesar 0,400 satuan (6) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama experiental marketing, kualitas pelayanan, promosi, lingkungan belanja , gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai Fhitung 108,448 > Ftabel 2,47 dan R square 0,827 atau 82,7% yang artinya sumbangan dari variable experiental marketing, kualitas pelayanan, promosi, lingkungan belanja , gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebsar 82,7% sedangkan sisanya sebesar 17,3% di pengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, 1)Variabel experiental marketing. Disarankan kepada pihak cafe karambia agar lebih meningkatkan lagi aroma pada setiap makanan yang disajikan oleh cafe karambia. 2) Variabel kualitas pelayanan. Disarankan kepada karyawan cafe karambia agar lebih meningkatkan keamanan tempat parkir konsumen. 3)Variabel promosi. Disarankan kepada cafe karambia agak lebih inovasi lagi dalam memperkenalkan produknya kepada konsumen, 4)Variabel lingkungan cafe karambia. Diasarankan kepada cafe karambia agar lebih memperhatikan lingkungan cafe karambia. 5)Variabel gaya hidup. Disarankan kepada cafe karambia agar lebih memperhatikan pelayanan cafe karambia sesuai dengan gaya hidup konsumen cafe karambia.