Pengaruh Perhatian Orang Tua,Teman Sebaya, Motivasi, Model Pembelajaran, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu MTsN 7 Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Noli Fitria, Loka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5936/4/14090064%20-%20NOLI%20FITRIA%20LOKA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5936/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5936/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5936/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5936/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh perhatian orang tua secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh teman sebaya secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 3) pengaruh motivasi secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 4) pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dan 5) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan 2017-2018 sebanyak 63 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui perhatian orang tua, teman sebaya, motivasi dan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t dan F. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) perhatian orang tua berpengaruh signifikan pada hasil belajar terutama pada orang tua tamatan sekolah umum karena koefisiennya adalah 0,687 dengan thitung 5,736. Oleh karena itu perhatian orang tua tamatan sekolah umum sangat sensitif dibandingkan orang tua madrasah, (2) teman sebaya berpengaruh signifikan pada hasil belajar terutama orang tua tamatan madrasah karena koefisiennya adalah 0,582 dengan thitung3,550. Oleh karena itu teman sebaya, orang tua tamatan madrasah sangat sensitif dibandingkan orang tua tamatan sekolah umum, (3) motivasi berpengaruh signifikan pada hasil belajar terutama orang tua tamatan madrasah karena koefisiennya adalah 0,222 dengan thitung2,963. Oleh karena itu, orang tua tamatan madrasah sangat sensitif dibandingkan orang tua tamatan sekolah umum, (4) model pembelajaran berpengaruh signifikan pada hasil belajar terutama orang tua tamatan sekolah madrasah karena koefisiennya adalah 0,285 dengan thitung2,966. Oleh karena itu model pembelajaran, orang tua tamatan madrasah sangat sensitif dibandingkan orang tua tamatan sekolah umum dan (5) fasilitas belajar berpengaruh signifikan pada hasil belajar terutama orang tua tamatan sekolah umum karena koefisiennya adalah 0,536 dengan thitung3,576. Oleh karena itu fasilitas belajar, orang tua tamatan sekolah madrasah sangat sensitif dibandingkan orang tua tamatan sekolah madrasah.6). Nilai Fhitung 71,191> Ftabel 2,53 dan nilai signifikan 0,000< 0,05.Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, Dengan demikian dapat dikatakan bahwa teman sebaya, motivasi, model pembelajaran dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTSN 7 Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi siswa untuk selalu menjadikan persaingan pelajaran, yang tinggi dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan. Bagi guru agar lebih memperhatikan siswa dalam mempelajari pelajaran IPS Terpadu dengan model pembelajaran yang menarik sehingga bisa meningkatkan hasil belajar yang lebih optimal.